Kenalin Nih! Mang Dama dan Bi Dami Maskot Pilkada Kota Sukabumi 2024

(KPU Kota Sukabumi menggelar peluncuran Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi tahun 2024 di Gedung Djuang 45 Kota Sukabumi, Jumat, 7 Juni 2024 malam. KPU juga memperkenalkan maskot Pilkada Kota Sukabumi, yakni sepasang ikan koi bernama Mang Dama dan Bi Dami.)

SUKABUMI, SOMANEWS. - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi mengenalkan Mang Dama dan Bi Dami, sepasang ikan koi yang menjadi maskot di Pilkada Kota Sukabumi tahun 2024.

Mang Dama dan Bi Dami dikenalkan dalam launching Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi tahun 2024 di Gedung Djuang 45 Kota Sukabumi, Jumat, 7 Juni 2024 malam. 

Mang Dama dan Bi Dami adalah sepasang ikan koi berkepala merah dan berbadan putih. Sesuai konsep, pada maskot bergambar ikan koi, Mang Dama tampak menggunakan ikat kepala.

Mang Dama merupakan akronim Pilkada Aman, dan Bi Dami singkatan dari Pilkada Sukabumi.

Di tangan sebelah kiri Mang Dama memegang paku sebagai tanda alat coblos, dan di tangan sebelah kanan memegang tulisan 27 November 2024 yang menadakan pelaksaan Pilkada.

Sementara Bi Dami pada maskot itu menggambarkan tangan kanan bertumpu ke pinggang dan tangan kiri menunjukkan jari kelingking bertinta.

Penunjukan jari kelingking bertinta itu mengartikan berpartisipasi pada Pilkada dengan cara datang ke TPS.

Adapun warna merah dan putih pada ikan koi Mang Dama dan Bi Dami, mendakan identik dengan bendera merah putih.

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan secara umum maskot ini mempresentasikan ajakan untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Pilkada Kota Sukabumi untuk seluruh masyarakat pemilih dalam suasana aman dan penuh kehangatan.

Imam juga menegaskan launching ini penanda bahwa semua harus bersiap-siap dan memantapkan diri.

“Maskot ini adalah bentuk partisipasi aktif dari masyarakat. Melalui launching ini, tahapan Pilkada pada 2024 ini harus dilaksanakan satu persatu. Adapun pesan dari launching ini yaitu kebersamaan dan kedamaian dalam kebersamaan Pilkada yang berkaitan dengan meningkatnya partisipasi masyarakat,” kata Imam.

Imam pun mengaku akan terus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pilkada 2024 ini.

Menurutnya, partisipasi ini bukan sekadar datang ke TPS dan memberikan suara, tetapi juga kebersamaan dalam memastikan mengawal setiap tahapan bersama KPU.

“Apalagi sebentar lagi kita akan melakukan memutakhirkan daftar pemilih. Kami tentu berharap masyarakat dituntut aktif seperti melaporkan dirinya tetangganya yang secara adminduknya bermasalah atau belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT). Hal ini agar daftar pemilih kita ini berkualitas karena itu pintu gerbang untuk memastikan apakah tingkat partisipasi jumlah pemilih meningkat,” ungkap Imam.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji yang hadir dalam launching tersebut meminta masyarakat tidak perlu gerah dan memicu hal-hal yang tidak diinginkan akibat berbeda pilihan.

Kusmana menilai sepanjang sejarah perhelatan demokrasi di Kota Sukabumi selalu diwarnai dengan situasi damai dan kondusif. Menurutnya hal itu yang perlu dipertahankan. Lebih jauh lagi, terus meningkatkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

“Yang penting tidak kampanye menjelekan orang lain, itu mudah-mudahan bisa dihindarkan dan diminimalisir. Calon terpilih nanti harus siap menang dan siap kalah, karena tidak mungkin juga semua menang. Mudah mudah tidak terjadi konflik. Apalagi orang Kota Sukabumi someah dan juga senang berdamai. Mudah-mudahan ini bisa menjadi suasa pesta demokrasi di Kota Sukabumi yang kondusif,” pungkasnya. (Herda Heryadie)*


....

Kata Kunci/keywords: Mang Dama, Bi Dami, Ikan Koi, Maskot Pilkada Kota Sukabumi, Pilkada Kota Sukabumi, Pilkada 2024, Kota Sukabumi

....

~Naskah ini dibuat oleh Herda Putri Winangrum untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Jurnalistik S-3 semester 4.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Pemudi dan Pengangguran?" Cerpen Yang Ditulis Dari Lubuk Hati

Angan Ku Jadi Ingin, Pesan Dari Puisi Spesial Untuk-nya!