Macet Parah, Kota Bandung dipenuhi Wisatawan

Bandung, Soma News. - Menjadi salah satu kota tujuan wisatawan untuk menikmati destinasi wisata pada libur panjang akhir pekan ini, beberapa titik utama di Kota Bandung mengalami lonjakan jumlah wisatawan yang datang hingga mengakibatkan kemacetan parah. Titik kemacetan meliputi ruas utama Jl. Dago, Jl. Riau, dan Kawasan Lembang yang terjadi pada Jum'at (10/05/2024) tepat pada pukul 10.00 WIB.

Ribuan kendaraan dari luar kota Bandung yang memadati jalan-jalan tersebut, menyebabkan pergerakan kendaraan lokal menjadi sangat lambat hingga mengakibatkan banyak warga dan wisatawan yang terjebak di jalan selama berjam-jam. Selain memadati berbagai destinasi wisata di Kota Bandung, para wisatawan yang datang pun memenuhi area perbelanjaan, kuliner, hingga tempat wisata alam yang menjadi tujuan utama. 

Warga Bandung pun mengeluhkan situasi ini karena merasa tidak nyaman dan sulit untuk menikmati kota mereka sendiri selama musim liburan atau libur panjang akhir pekan seperti sekarang ini. Banyak dari mereka yang mengharapkan adanya peningkatan transportasi umum yang memadai untuk kemudian dapat mengurai kemacetan dengan mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi. 

"Makin gak nyaman setiap liburan. Akhirnya di rumah saja. Tidak bisa menikmati kota sendiri. Mestinya ada transportasi publik yang baik dan nyaman. Jadi gak macet," kata salah seorang warga Bandung yang ditemui tim soma news di kawasan Jl. Dago, pada Jum'at (10/05/2024).

Senada dengan warga Bandung, salah seorang wisatawan juga mengeluhkan kemacetan yang terjadi dan berharap kedepannya Kota Bandung memiliki transportasi publik yang baik dan nyaman untuk menunjang kebutuhan transportasi baik itu untuk kepentingan warga lokal maupun para wisatawan yang berkunjung ke Kota Kembang tersebut. 

"Senang ke Bandung karena dekat. Tapi belakangan ini macetnya semakin parah. Berharap ada transportasi umum yang memadai jadi tidak perlu bawa kendaraan sendiri ke Bandung karena pasti macet," ujar salah seorang wisatawan saat diwawancarai.

Pemerintah Kota Bandung dalam hal ini Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandung, Arief Syaifudin, menjelaskan tentang persiapan yang dilakukan pemerintah kota dalam menghadapi lonjakan kemacetan di Kota Bandung. Dengan menurunkan petugas tambahan untuk mengatur laju lalu lintas dan memberikan informasi tentang jalur alternatif yang bisa dilalui oleh para pengendara. Beberapa titik kemacetan juga ditempatkan petugas untuk membantu kelancaran arus kendaraan. Tetapi langkah ini belum sepenuhnya mampu mengatasi permasalahan kemacetan yang terjadi di Kota Bandung.

"Kami sudah berkoordinasi dengan beberapa stake holder dan menerjunan tambahan petugas untuk mengatur lalu lintas dan memberikan informasi tentang jalur alternatif. Beberapa titik kemacetan juga ditempatkan petugas sebagai upaya dalam mengurai kemacetan di momen liburan seperti sekarang," tutur Arief Syaifudin.

Menurut Arief Untuk mengatasi masalah ini dalam jangka waktu panjang, perbaikan infrastruktur transportasi umum dan pengenalan solusi kemacetan seperti jalur alternatif, flyover, dan sanksi bagi pelanggar lalu lintas perlu dipertimbangkan matang-matang oleh pemerintah Kota Bandung. Langkah-langkah seperti ini diharapkan dapat menjadikan Kota Bandung sebagai kota yang jauh lebih nyaman dan ramah bagi para wisatawan maupun warga lokal.(*Herdaputri) 

~ Naskah ini saya buat untuk memenuhi tugas Jurnalistik 3 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Pemudi dan Pengangguran?" Cerpen Yang Ditulis Dari Lubuk Hati

Kenalin Nih! Mang Dama dan Bi Dami Maskot Pilkada Kota Sukabumi 2024

Angan Ku Jadi Ingin, Pesan Dari Puisi Spesial Untuk-nya!